Analisis E-commerce pada Carefour
Kita bisa mengambil contoh
penerapan e-commerce ini
pada perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana Carrefour ikut
memanfaatkan
internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour memiliki web
pribadi
yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa
yang
mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau
promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan pelayanan
pesan
antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online.
Sistem
pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan
pada umumnya
yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman
dari
tindakan criminal.
KELEBIHAN
DAN
KEKURANGAN
Kelebihan
dengan
e-commerce ini sangatlah membantu dalam proses bisnis dan juga bisa
meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari perusahaan dan juga bagi
para
pelanggan karena kalau melihat dari sisi pelanggan mereka tidak perlu
capek-capek antri untuk melakukan pembayaran karena cukup melakukan
pembelian
via online akan lebih praktis dan barang belanjapun bisa diantarkan pada
rumah
pelanggan. Di samping itu pelanggan juga bisa mengecek barang-barang
yang
mereka cari atau yang akan dibeli melalui web agar bisa mengetahui
apakah
barang tersebut available atau tidak ketika hendak melakukan belanja
secara
manual di Carrefour.
Kalau dilihat secara konsep
penerapan e-commerce ini
sangatlah efektif dan efisien ketika diterapkan pada Carrefour akan
tetapi
kalau kita melihat lebih jauh lagi secara teknis pada penerapannya
Carrefour
akan menemui kesulitan karena banyak masyarakat yang tidak begitu paham
dengan
menggunakan internet terutama kebanyakan pada orang yang sudah tua,
mereka
tidak familiar dengan menggunakan internet dan juga apabila untuk
berbelanja
mereka lebih suka melihat secara langsung kondisi barang yang akan
mereka beli
ketimbang hanya melihat dari foto saja apalagi kalau yang akan di beli
itu
produk makanan seperti ikan, daging, sayur dan buah-buahan. Sehingga
banyak
yang beranggapan bahwa perusahaan seperti Carrefour tidaklah cocok
apabila
menggunakan e-commerce atau belanja secara online, dan tentunya
menimbulkan
pertanyaan feasible atau tidak penerapan e-commerce pada Carrefour dan
apabila
itu feasible apakah user atau yang menggunakan media tersebut sudah
banyak dan
apakah cara menerapkan e-commerce bisa bertahan lama? Untuk menjawab
pertanyaan
tersebut kita mungkin bisa melihat kedepannya Carrefour akan seperti apa
setelah melakukan e-commerce dan juga kita bisa melihat dari
plus-minusnya
ketika melakukan atau menggunakan e-commerce.
Dengan memanfaatkan teknologi
seperti e-commerce atau
menggunakan tools atau alat-alat yang canggih pada perusahaan,
perusahaan bisa
meningkatkan efektifitas dan efisiensi seperti yang sudah disebutkan
tadi dan
juga bisa mengurangi biaya dengan mengurangi jumlah karyawan dari
perusahaan
atau bisnisnya dengan alasan lebih efektif dan efisien ketika
menggunakan media
online, tenaga mesin atau teknologi computer ketimbang tenaga kerja
manusia,
meskipun tenaga kerja manusia masih dibutuhkan untuk mengontrol tools
atau
teknologi computer tersebut.
Dengan demikian seiring dengan
perkembangan teknologi yang semakin maju ini banyak pekerjaan yang
awalnya
dikerjakan oleh manusia bisa digantikan oleh teknologi seperti yang
dijelaskan
sebelumnya menimbulkan ancaman bagi para seluruh tenaga kerja yang bukan
ahli
dalam konteks ini karena posisi mereka terancam dengan perkembangan atau
kemajuan teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar