Selasa, 30 April 2013

Analisa Kelebihan dan Kekurangan Sistem E-commerce Carefour

Analisis E-commerce pada Carefour


Kita bisa mengambil contoh penerapan e-commerce ini pada perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana Carrefour ikut memanfaatkan internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour memiliki web pribadi yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa yang mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan pelayanan pesan antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online. Sistem pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan pada umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman dari tindakan criminal.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
 Kelebihan dengan e-commerce ini sangatlah membantu dalam proses bisnis dan juga bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari perusahaan dan juga bagi para pelanggan karena kalau melihat dari sisi pelanggan mereka tidak perlu capek-capek antri untuk melakukan pembayaran karena cukup melakukan pembelian via online akan lebih praktis dan barang belanjapun bisa diantarkan pada rumah pelanggan. Di samping itu pelanggan juga bisa mengecek barang-barang yang mereka cari atau yang akan dibeli melalui web agar bisa mengetahui apakah barang tersebut available atau tidak ketika hendak melakukan belanja secara manual di Carrefour.
Kalau dilihat secara konsep penerapan e-commerce ini sangatlah efektif dan efisien ketika diterapkan pada Carrefour akan tetapi kalau kita melihat lebih jauh lagi secara teknis pada penerapannya Carrefour akan menemui kesulitan karena banyak masyarakat yang tidak begitu paham dengan menggunakan internet terutama kebanyakan pada orang yang sudah tua, mereka tidak familiar dengan menggunakan internet dan juga apabila untuk berbelanja mereka lebih suka melihat secara langsung kondisi barang yang akan mereka beli ketimbang hanya melihat dari foto saja apalagi kalau yang akan di beli itu produk makanan seperti ikan, daging, sayur dan buah-buahan. Sehingga banyak yang beranggapan bahwa perusahaan seperti Carrefour tidaklah cocok apabila menggunakan e-commerce atau belanja secara online, dan tentunya menimbulkan pertanyaan feasible atau tidak penerapan e-commerce pada Carrefour dan apabila itu feasible apakah user atau yang menggunakan media tersebut sudah banyak dan apakah cara menerapkan e-commerce bisa bertahan lama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita mungkin bisa melihat kedepannya Carrefour akan seperti apa setelah melakukan e-commerce dan juga kita bisa melihat dari plus-minusnya ketika melakukan atau menggunakan e-commerce.
Dengan memanfaatkan teknologi seperti e-commerce atau menggunakan tools atau alat-alat yang canggih pada perusahaan, perusahaan bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi seperti yang sudah disebutkan tadi dan juga bisa mengurangi biaya dengan mengurangi jumlah karyawan dari perusahaan atau bisnisnya dengan alasan lebih efektif dan efisien ketika menggunakan media online, tenaga mesin atau teknologi computer ketimbang tenaga kerja manusia, meskipun tenaga kerja manusia masih dibutuhkan untuk mengontrol tools atau teknologi computer tersebut.
Dengan demikian seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini banyak pekerjaan yang awalnya dikerjakan oleh manusia bisa digantikan oleh teknologi seperti yang dijelaskan sebelumnya menimbulkan ancaman bagi para seluruh tenaga kerja yang bukan ahli dalam konteks ini karena posisi mereka terancam dengan perkembangan atau kemajuan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar